Cara Extract File RAR dan ZIP Menggunakan CMD | amatirkode



Assalamu’alaikum Wr Wb

Apa Kabar teman-temanku, akhir akhir ini saya cukup sibuk hingga tidak sempat untuk post tiap hari, tapi Alhamdulillah sekarang saya ada waktu untuk membuat sebuah postingan yang cukup menarik. Tak lupa semoga teman sekalian tetap dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT.

Pada Kesempatan Kali ini, saya akan membahas postingan dengan tema “Extract”, ada yang sudah tau apa itu extract? Okeh, saya jawab sesimple-simplenya. Jadi extract disini berfungsi mengeluarkan file yang ada didalam archive (RAR,ZIP). Itu sudah cukup teman-teman sudah paham pastinya dengan penjelasan yang saya tulis.

Hal yang biasa dilakukan untuk extract file biasanya yang kita lakukan ialah dengan meng-klik kanan lalu Extract…… disini saya ingin membahas yang luar biasa karena kalau cuma melakukan hal seperti itu mayoritas orang sudah mengetahuinya. Kembali ke topik pembahasan, kita jadikan pemeran utama si jendela hitam. Jadi terkenal bang CMD ini! Wkwkwk

Saya tidak akan menulis list materi karena ini adalah materi tunggal, tapi tak apalah yang penting bisa menambah ilmu kita bersama. Lanjut ke materi

Cara Extract File RAR dan ZIP Menggunakan Command Prompt (CMD)

Sebelum masuk ke materi ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, tak lain teman-teman harus punya aplikasi WinRAR yang mana bisa didownload di situs resminya cara di google dengan kata kunci “winrar” lalu download.

Oke langkah langkahnya sebagai berikut:
1. Pertama, kalian cari file.rar yang ingin kalian extract


2. Buka CMD dan ketikkan perintah dibawah ini:
set path=C:\Program Files (x86)\WinRAR ----------------> Enter


3. Pindah ke lokasi file.rar caranya bagaimana? Copy alamat file.rar dengan cara:

 
4. Kembali ke CMD dan ketikkan:
cd C:\Users\FARHAN\Downloads\Documents ----------------------------------> hasil alamat yang dicopy


5. Perintah terakhir sebagai berikut:
unrar e *.rar --------------------------------------> unrar e reggae.rar
sesuaikan dengan nama file yang anda miliki dan alhasil sebagai berikut:


NB : Untuk Extract file.zip caranya sama cuma yang membedakan di perintah terakhir menggunakan:
winrar e *.zip -----------------------------------------> winrar e namafile.zip

Saya rasa cukup, terlihat sangat sulit ketimbang klik kanan->Extract tapi ini adalah ilmu baru bagi kita walaupun tidak wajib untuk mengetahuinya.

Jangan lupa isi komentar jika postingan ini sudah sangat membantu anda! Ataupun ada pendapat atau saran yang bersifat membangun bisa langsung komentar dibawah.

Atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih! Semoga menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat dan barokah.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Bagi yang ingin belajar perintah dasar CMD bisa klik disini
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
1 Komentar :
  • tes
    tes December 17, 2023 at 8:43 PM

    trimakasih gan, tutorialnya sangat membantu , dari pada yg lain agak ribet

Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
cmd,Tutorial