Memperbaiki Bad Sector Menggunakan CMD | amatirkode



Assalamu’alaikum Wr Wb

Alhamdulillah, dikesempatan yang sehat ini saya akan sharing ilmu untuk kita pelajari bersama. Dimana ilmu ini cukup penting bagi kita setelah mengetahui apa itu bad sector!

Apa sih Bad Sector itu sendiri? Bad sector suatu keadaan dimana satu sektor dalam hardisk atau removable disk (flasdisk, harddisk external dll) mengalami kerusakan/error sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal misalnya putusnya koneksi saat proses penyalinan/pemindahan file sedang berlangsung, yang menyebabkan benturan yang akhirnya bisa berdampak kerusakan permanen.

Eman-eman jika kita hanya mempunyai harddisk maupun flashdisk sebatang kara yang sangat kita sayangi, jadi alangkah lebih baiknya kita perbaiki bad sectornya okeee…!

Jika hardisk/flashdisk anda mengalami bad sector dikarenakan putusnya koneksi saat proses transfer berlangsung, maka kemungkinan bisa diperbaiki.

Caranyapun sangat mudah dan hal yang perlu dipersiapkanpun tidak banyak, kita undang lagi bang CMD untuk melakukan hal unik lagi! Wkwkwk.

Memperbaiki Bad Sector Menggunakan CMD

Langsung ke perintahnya:
chkdsk /r /f g:

g: adalah disk yang akan saya perbaiki bad sectornya. Jadi teman-teman sesuaikan dengan disk yang ingin diperbaiki bad sectornya. g: disini adalah flashdisk yang saya miliki.

Alhasil seperti gambar yang ada dibawah:


NB : Semakin banyak file yang berada dalam disk maka proses perbaikannya akan lama jadi kita pakai prinsip sabar itu disayang tuhan OK!

Mungkin hanya sekian, sedikit, simple, sederhana, unik, menarik, tapi bermanfaat. Saya ucapkan terimakasih. Jangan lupa komentar! Saya harap penilaian teman-teman terhadap postingan saya lewat komentar dibawah Ok!

Saya mohon maaf jikalau ada kesalahan dalam hal penulisan! Sampai jumpa di postingan berikutnya!

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Lihat tutorial menarik lainnya disini ataupun ingin berkenalan lebih dalam dengan cmd bisa klik disini
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
2 Komentar :
  • Uswatun Hasanah
    Uswatun Hasanah April 22, 2019 at 8:11 PM

    Good Best, Like 👍

    • Frans Ihsan
      Frans Ihsan April 23, 2019 at 8:08 AM

      Terimakasih supportnya!

Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
cmd,Tutorial