Cek Berapa Lama Sisa Umur Battery Laptop Kesayangan Anda | AmatirKode



Assalamu’alaikum Wr Wb

Segala Puji bagi Allah SWT dimana berkat rahmat dan hidayahnya saya masih bisa berbagi ilmu dengan teman-teman dalam keadaan sehat ini.

Di Postingan saya kali ini, saya sudah mengusung judul yang menarik dan sangat penting untuk anda ketahui, yang bertemakan “Battery”. Dimana jika kita sudah berbicara battery maka kita sudah memasuki inti utama dari sebuah perangkat elektronik terutama Laptop kesayangan kita. Dimana battery ini menjadi sumber daya utama bagi seluruh perangkat elektronik. 

Cara ini hanya berlaku untuk OS Windows. 

Terkait dengan pentingnya battery dari pengantar saya, maka saya akan memberikan ilmu yang istimewa bagi teman-temanku yang sudah berkunjung di blog saya yang sederhana ini.

bagaimana kak caranya? Apakah kita harus membongkar battery laptop kita? Ataupun kita harus mengeceknya dengan sebuah hardware?” mungkin pertanyaan itu yang akan timbul di benak hati Anda sekalian.

Tapi disini saya sendiri juga malas kalau posting hal yang merepotkan, jadi saya share hal hal sederhana mungkin dan semudah mungkin agar bisa anda terapkan dengan tanpa masalah.

Saya sendiri juga penasaran pada awal mengetahui cara ini, kayak jadi peramal gitu….! Setelah dicoba bukan hoax, ternyata fakta yang ada. Teman-teman juga akan tau nanti alasannya setelah membaca tuntas postingan saya ini.

Ini dia cara mengeceknya, mudah dan tidak memerlukan software atau hardware tambahan. Langkah-langkahnya sebagai berikut:


1. Klik Start dan ketikkan CMD di pencarian.

2. Klik kanan Pada CMD lalu Run Administrator.

3. Setelah muncul jendela CMD anda ketikkan perintah ini >powercfg –energy Tunggu selama 60 detik.



4. Pergi ke C:\Windows\system32\ Cari dan buka file energy-report.html didalam folder system32


5. Cari baris seperti di bawah ini:


6. Jika Last Full Charge lebih kecil nilainya dibandingkan dengan Design Capacity (battery masih baru) berarti umur battery sudah berkurang, jika nilai Last Full Charge sangat kecil nilainya hingga seperti punya saya di gambar maka battery anda sudah masuk drop dan harus ganti ke yang baru.

Yaah sudahlah! Jika punya anda senasib dengan punya saya, alangkah lebih baiknya bersabar dan menabung untuk membeli yang baru :)

Semoga jadi tambahan ilmu bermanfaat! Jangan lupa komentar dan kasih saran ataupun pendapat yang membangun di kolom komentar. Ataupun ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung komentar dibawah!

Sekian… terimakasih atas kunjungan teman-teman. Jangan lupa kunjungi setiap hari blog AmatirKode untuk mendapatkan ilmu menarik lainnya.

Wassalamu'alaikum Wr Wb

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Tips and Trick