Jadikan PC Anda Sebagai Hotspot Menggunakan CMD | amatirkode



Assalamu’alaikum Wr Wb

Alhamdulillah, Pada kesempatan kali ini saya masih dalam keadaan sehat wal afiyat, saya mau share pengalaman penting saya tentang “Menjadikan PC Sebagai Hotspot”. Mungkin kata hotspot sudah sering kita dengar, dan biasanya kita membuat hotspot via HP. Disini saya akan share Bagaimana cara menjadikan laptop atau PC kita sebagai hotspot. Dimana nantinya kita bisa berbagi data internet ke HP kita lewat laptop kita sendiri.

Adapun hal yang perlu dipersiapkan, tidak lain adalah si jendela hitam. Disini kita tidak perlu mendownload aplikasi tambahan untuk membuat hotspot. Bisa saja kita download aplikasi pembuat hotspot, tapi disini saya akan memanfaatkan bang CMD sebisa mungkin agar mengurangi space harddisk ketimbang kita menginstall aplikasi lain.

Okeh, disini saya akan menyediakan gambar agar lebih memudahkan teman-teman dalam mempelajarinya.

List materi yang akan saya bahas diantaranya:

Mengecek Laptop/PC Kita Apakah Support Hotspot atau Tidak
Cara Membuat Hotspot Menggunakan CMD
Cara Memulai Hotspot yang Sudah Kita Buat
Cara Menghentikan Hotspot

Langsung masuk ke materi

Mengecek Laptop/PC Kita Apakah Support Hotspot atau Tidak

Sebelum kita melangkah lebih jauh kita harus mengecek dulu laptop atau PC kita apakah support untuk hotspot atau tidak, jika tidak maka tutorial ini tidak akan bisa anda lanjutkan.
Cara mengeceknya dengan menggunakan perintah dibawah ini:
netsh wlan show drivers
Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar, disini punya saya support = yes yang berarti bisa


Cara Membuat Hotspot Menggunakan CMD

Untuk membuat hotspot perintahnya cukup panjang, tapi disini saya sudah menyediakan gambar dan akan membahasnya sedetail mungkin.

Perintahnya sebagai berikut:
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namahotspotanda key=passwordhotspotanda
contoh:
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=AmatirKode key=sharingIT

inti dari perintah diatas, yang harus dipahami cuma ssid dan key, ssid ialah nama hotspot anda dan key untuk password hotspot anda. Mungkin cuma itu!.

Lalu kalau sudah kita cek hotspot yang sudah kita buat menggunakan perintah dibawah ini:
netsh wlan show hostednetwork
Untuk lebih jelasnya langsung cek gambar dibawah:


Cara Memulai Hotspot yang Sudah Kita Buat

Untuk memulai hotspot yang sudah kita buat kita ketikkan perintah ini:
netsh wlan start hostednetwork


Cara Menghentikan Hotspot

Okeh ini sebagai penutupan dari postingan ini, kita tutup sharingnya dengan menutup juga hotspotnya dengan perintah berikut:
netsh wlan stop hostednetwork


Alhamdulillah setelah panjang lebar saya rasa sudah cukup, ketemu kembali dipostingan berikutnya. Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai oleh-oleh untuk saya sendiri. Dan juga agar nanti saya tetap semangat dalam membuat postingan!

Sekian, saya ucapkan terimakasih!

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
cmd,Tutorial