Cara Menyembunyikan Folder Menggunakan CMD | amatirkode



Assalamu’alaikum Wr Wb

Alhamdulillah, pada kesempatan ini kita masih bisa sharing ilmu dalam blog amatirkode dengan keadaan sehat wal afiyat. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang telah membawa kita dari alam jahiliyah menuju alam ilmiah seperti yang kita rasakan saat ini.

Pernahkah kalian berfikir seperti ini “Bagaimana cara menyembunyikan folder?”  ini timbul dikarenakan beberapa hal, diantaranya folder itu berisi hal penting yang nantinya takut diambil orang lain, maupun dihapus orang lain. Ataupun memang memiliki alasan lain yang memang sangat mengharuskan untuk menyembunyikan folder tersebut. Untuk alasan saya tidak bisa menebaknya karena alasan ini kalian yang punya, jika kalian tidak memiliki alasan tidak mungkin kalian ingin menyembunyikan folder tersebut.

Untuk menghilangkan rasa penasaran kalian, disini amatirkode akan membagikan tutorial untuk menyembunyikan folder, dimana tutorial ini disertai gambar yang nantinya akan memudahkan teman sekalian dalam mencobanya, tapi sebelum itu teman-teman harus paham perintah dasar CMD untuk mengurangi pertanyaan yang mungkin sudah saya bahas pada postingan sebelumnya

Silahkan pelajari jika dirasa perlu | Belajar CMD Dasar 10Menit Mahir

Okeh lanjut ke inti, sebelum memasuki langkah-langkah, saya asumsikan anda sudah bisa buat folder baik dengan menggunakan CMD ataupun My Computer.

Cara Menyembunyikan Folder Menggunakan CMD

Buat folder dimana saja, disini saya membuat folder di E: dengan nama amatirkode

Di tempat folder yang kita buat, kita tekan dan tahan shift + klik kanan pada area kosong, sampai muncul seperti gambar dibawah:

Setelah kita klik Open command window here, akan muncul CMD dimana direktori di CMD sudah pindah ke direktori E:\


Masukkan perintah dengan format:
attrib +h +s +r namafolder
Perintah diatas berfungsi untuk menyembunyikan folder yang kita buat (Nama folder tidak boleh mengandung spasi), karena punya sama nama foldernya amatirkode maka bisa saya tuliskan:

attrib +h +s +r amatirkode

Jangan lupa tekan Enter. Dan cek lagi folder ditempat kalian membuatnya
Folder sudah tersembunyi dan tidak akan ditemukan meskipun dicari di pencarian pada My Computer.


Cara Menampilkan Folder Tersembunyi

Saya tidak akan panjang lebar untuk menuliskan cara menampilkan folder tersembunyinya, karena caranya sama seperti sebelumnya. Yang membedakan pada perintah di CMD-nya.
attrib -h -s -r amatirkode
Cek kembali di tempat folder berada, dan folderpun kembali terlihat seperti sedia kala.


Jika teman-teman mengikuti tutorial diatas dengan benar, pasti tidak akan ada pertanyaan, karena saya sudah memaksimalkan penjelasan tentang tema postingan ini.
Saya rasa cukup, ketemu lagi di postingan berikutnya. Terimakasih atas kunjungannya.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
cmd,Tutorial