Cara Menyimpan File Clipped di QGIS

Pernah tidak teman-teman mengerjakan suatu tugas, proyek, dan semacamnya dengan memakan waktu yang sangat lama kemudian teman-teman simpan lalu ditutup karena dikira sudah tersimpan. Dan ketika dibuka alhasil file tersebut hilang, tidak tersimpan, error ataupun hal yang tidak mengenakkan lainnya!


Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi perihal permasalahan diatas. Ini terjadi ketika saya mengertakan tugas update digitasi di aplikasi QuantumGIS /QGIS, saya mengerjakannya dengan meluangkan waktu yang cukup lama dikarenakan data yang sangat banyak. Setelah saya rasa cukup dulu saya menyimpannya dengan cara yang sering kita lakukan yaitu dengan menekan menu Save / Save As setelah itu saya tutup karena saya kira itu sudah tersimpan. Dan sayangnya file yang saya simpan tadi ketika saya buka kembali ke awal alias tidak tersimpan dan akhirnya saya harus buat lagi dari awal. File yang penting yaitu file Clipped.

Untuk teman-teman agar tidak terjadi hal seperti yang saya alami saya akan membagikan sedikit tips agar file clipped yang teman kerjakan tidak hilang atau tidak tersimpan. Ayok masuk ke tipsnya: 

  • Jangan hanya menggunakan Save/Save as (ingat ini ya teman-teman)
  • Klik kanan File Clipped yang terletak di layer sebelah kiri bawah

 
  • Pilih Export 
 
  • Save Features As...
  • Ketik kotak kecil sebelah kanan File name

 
  • Save dan OK


Setelah teman-teman mengikuti langkah diatas, file clipped sudah tersimpan dengan benar dan tidak hilang. Cara membukannya yaitu dengan mencari file di browse sebelah atas layer kemudian tarik file hasil export tadi ke proyek anda.

Semoga bermanfaat!

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
digitasi,mata kuliah,qgis,QuantumGIS,update data